Iran Bantah Langgar Resolusi DK PBB di Yaman

Iran Bantah Langgar Resolusi DK PBB di Yaman

Juru Bicara Menteri Luar Negeri Iran (Menlu Ir), Bahram Qassemi (Foto: Pars Today)

Tehran – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qassemi telah menolak tuduhan Amerika Serikat bahwa Teheran melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangas-Bangsa (DK PBB) di Yaman.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (25/11), Qassemi mengecam pernyataan Gedung Putih baru-baru ini mengenai isyarat politiknya terhadap Arab Saudi. Riyadh bergerak membuka blokade pelabuhan dan bandara untuk mengizinkan bantuan masuk ke Yaman.

Sebelumnya, Gedung Putih mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung Arab Saudi melawan agresi Korps Pengawal Revolusioner Iran dan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional.

“Kami telah mengumumkan, berkali-kali, dan disetiap kesempatan yang berbeda bahwa Iran tidak memiliki hubungan militer dengan Yaman. Kemampuan pertahanan dan rudal negara sepenuhnya merupakan masalah dalam negeri yang hanya terkait dengan negara tersebut,” ujar Qassemi

“Dengan gerakan yang bermotivasi politik, ia meratakan tuduhan yang benar-benar tanpa dasar dan salah terhadap Iran. Amerika Serikat berusaha, seperti biasa, untuk mengalihkan perhatian orang-orang dan masyarakat internasional dari kejahatan tidak manusiawi yang dilakukan oleh koalisi agresor melawan Yaman. Ia tidak meminta Arab Saudi untuk menghentikan pembomannya terhadap warga sipil yang tidak bersalah dan tak berdaya di Yaman, secara terbuka menunjukkan negara tersebut menduku kejahatan di wilayah tersebut,” tamhnya

“Tidak diragukan lagi, pernyataan Gedung Putih secara terang-terangan membuktikan keterlibatan Amerika Serikat dalam, dan tanggung jawab terhadap kejahatan Arab Saudi terhadap Yaman,” kata juru bicara tersebut.

“Seperti yang berulang kali diumumkan, Iran akan menyambut baik inisiatif yang akan (membantu) mengirim bantuan kemanusiaan ke Yaman dan meringankan penderitaan orang-orang di negara ini,” tambahnya dilansir Tehran Time, Selasa (28/11)

TAGS : Iran Arab Saudi Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25450/Iran-Bantah-Langgar-Resolusi-DK-PBB-di-Yaman/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz