Ingin Lulus SNMPTN? Maaf, Nilai UN dan USBN Sudah Tak Berlaku

Ingin Lulus SNMPTN? Maaf, Nilai UN dan USBN Sudah Tak Berlaku

Ilustrasi ujian SNMPTN (foto: Google)

Jakarta – Pemerintah menetapkan kebijakan baru terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Tahun ini, nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sudah tidak dijadikan bahan pertimbangan.

Padahal tahun lalu, nilai UN dan USBN masih menjadi salah satu rujukan dalam penerimaan SNMPTN. Meski porsinya tidak terlalu besar, yakni 10 persen.

“Pak Menristek Dikti dan Pak Mendikbud sepakat untuk menghapus kolom nilai UN dan USBN untuk SNMPTN dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Red),” kata Ketua Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN Ravik Karsidi dalam konferensi pers, Jumat (12/1) kemarin di Jakarta.

Kendati demikian, Ravik tak mempermasalahkan bila perguruan tinggi negeri hendak membuka jalur mandiri, yang salah satu persyaratannya menyertakan nilai UN dan USBN.

“Kalau mau pakai UN dan USBN untuk jalur mandiri, itu terserah mereka,” jelasnya.

Tanpa menggunakan nilai UN dan USBN, kelulusan SNMPTN tahun ini akan dihitung berdasarkan nilai yang telah dimasukkan oleh masing-masing sekolah dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), yang sudah bisa diakses Sabtu, 13 Januari 2018.

“Besok (hari ini, Red) sudah mulai pendaftaran. Saya mohon, sekolah menyampaikan data yang riil. Jangan sampai data yang tidak benar atau manipulatif,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.

Adapun komposisi penerimaan mahasiswa baru untuk setiap program studi di perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ini ialah, minimal 30 persen dari SNMPTN, minimal 30 persen dari SBMPTN, dan maksimal 30 persen dari jalur mandiri.

TAGS : Pendidikan Kemristekdikti SNMPTN SBMPTN Mohamad Nasir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27731/Ingin-Lulus-SNMPTN-Maaf-Nilai-UN-dan-USBN-Sudah-Tak-Berlaku/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz